My Instagram

Ruang Terbuka Hijau Wlingi, Idaman Hati Warga Blitar

       
Sumber: Dokumen Pribadi
Wlingi, salah satu kecamatan di Kabupaten Blitar yang memiliki banyak prestasi. Kecamatan yang pernah menyabet penghargaan adipura ini adalah kota kecil yang sangat memperhatikan lingkungan, terbukti dengan adanya hutan kota serta taman kota yang terawat. Tepatnya berada di Kelurahan Beru, Ruang Terbuka Hijau Taman Idaman Hati terbagi menjadi dua bagian, yaitu hutan kota dan taman kota.

            Ruang terbuka hijau yang disebut sebagai idaman hati ini memang betul adanya. Banyak warga sekitar maupun wisatawan yang menyempatkan berkunjung untuk menikmati taman atau pun sekedar refreshing. Taman ini memang cocok untuk menikmati udara segar, bersantai dan menghilangkan lelah.
            Terdapat sekitar 36 tanaman yang berada di taman ini, seperti Jati Merak, Bougenvile, Akasia Daun Besar, Kenanga, Cemara, Keben, Kembang Merak, Alamanda, Jambu Hutan, Embilina, Sono Kembang, Kakao, Flamboyan, Beringin, Bunga Sepatu, Glodokan, Glodokan Tiang, Juwar, Suko, dan lain-lain. Tanaman-tanaman ini dilengkapi dengan nama dan informasi pendukung tentang tanaman tersebut. Tidak hanya tanaman, di taman ini juga ada beberapa hewan, yakni burung dara, burung lovebird, monyet, dan lain-lain.

Banyak kabar angin yang beredar mengatakan bahwa dahulunya taman ini merupakan bekas rumah sakit yang kemudian dibangun sebuah taman kota. Hal ini ternyata dibenarkan oleh salah satu narasumber kami yang telah lama bekerja di taman ini, yakni Pak Bambang. Taman ini dikelola langsung oleh Badan Lingkungan Hidup (BLH) Kabupaten Blitar tanpa ada campur tangan pihak swasta. Sekitar dua belas orang dipekerjakan di taman ini, antara lain tiga satpam dan sembilan petugas kebersihan. 
Sumber: Dokumen Pribadi

Sumber: Dokumen Pribadi


Tidak ada komentar