My Instagram

Sirah Kencong, Surga bagi pecinta alam

        Sirah kencong, mendengar namanya mungkin sedikit ngeri. Ya, memang asal mula nama ini memang berasal dari kepala yang dipenggal tetapi, tempat ini tak sehorror namanya. Mungkin sekali anda datang jadi ketagihan ingin kembali lagi ketempat ini. Perkebunan yang terhamapar hijau dibalut dengan kesejukan udara khas pegunungan memberikan rasa kenyamanan sendiri bagi setiap pengunjungnya. Perjalanan menempuh sekitar 1,5 jam dari blitar menuju Desa Ngadirenggo, Kecamatan Wlingi. Memasuki Desa Ngadirenggo, jalur yang dilalui mulai rusak parah, anda harus hati-hati melewati jalan terjak ini. Melewati  pintu masuk area perkebunan anda sudah disuguhkan oleh panorama perkebunan teh Sirah Kencong. Keasrian dan kealamian perkebunan teh ini juga masih dirawat dengan baik. Di Perkebunan Teh Sirah Kencong ini,  fasilitas umum yang tersedia terbilang sudah cukup memadai.
Sumber: Dokumen Pribadi
              steril agar terjaga kualitas teh yang akan diproduksi dan jumlah orang yang memasuki pabrik juga dibatasi untuk menghindari hal-hal yang tidak diinginkan.
 Perkebunan teh yang dikelola PTPN XII (Persero) sudah berkembang pesat diwilayah Kabupaten Blitar sendiri. Terbukti dengan sudah terciptanya produk olahan teh yang telah diproduksi oleh PTPN XII.Tak hanya itu, adanya sebuah resto yang tersebar  dikabupaten Blitar merupakan sebuah kemajuan tersendiri bagi PTPN XII yang posisinya awalnya di bidang pertanian. Jika anda ingin memasuki area pabrik PTPN XII, anda harus meminta
steril agar terjaga kualitas teh yang akan diproduksi dan jumlah orang yang memasuki pabrik juga dibatasi untuk menghindari hal-hal yang tidak diinginkan.
izin terltulis terlebih dahulu kepada petugas yang berjaga, karena area pabrik harus 
                Menuju perkebunan teh yang ada dibalik villa, anda akan melihat dengan jelas perkebunan teh Sirah Kencong yang dirawat dan dijaga keasriannya. Kita akan dipandu oleh petugas yang ada tentang proses pengolahan teh yang ada disini. Apabila keingintahuan anda tentang perkebuna teh ini sudah terpenuhi, bagi anda yang suka berselfie anda boleh berfoto-foto disekitar perkebunan ala seorang pegawai yang sedang memetik daun teh. Jika anda belum puas, anda bisa naik keatas bukit untuk melihat lebih jelas pemandangan yang ada disekitar perkebunan teh. Udara sejuk yang merasuki tubuh membuat anda tak akan merasa lelah baik saat menaiki maupun menuruni bukit. Jarak yang ditempuk tidak jauh, serta jalanannya juga sudah ada jadi anda tak perlu merasa ragu untuk menaiki bukit tersebut.
Sumber: Dokumen Pribadi
                Sirah kencong tak hanya memiliki hamparan hijau yang menutupi segalanya, disini juga terdapat air terjun Sirah Kencong. Untuk menuju air terjun anda harus berjalan kaki karena medannya cukup berat. Diawali melewati sungai kecil yang dangkal anda akan mempuh waktu sekitar 1,5 jam untuk mencapai air terjun. Selain itu jalan menuju Air Terjun tersebut tidak bisa dilewati kendaraan bermotor atau bisa di bilang hanya bisa di tempuh dengan jalan kaki saja, dan  jalan yang dilalui  sangat sempit sehingga hanya bisa dilalui oleh satu orang saja secara bergantian. Selain jalannya yang sempit, jalannya juga becek dan ada jalan yang tepinya longsor sehingga lumayan berbahaya untuk dilewati. Anda harus meningkatkan kewaspadaan dan berjalan dengan pelan-pelan dan secara bergantian. Tanpa terasa Air Terjun sudah lumayan dekat. Tetapi jalanya pun menjadi lebih sulit karena menyeberang sungai kecil dan banyak bebatuan di jalan tersebut.
Sumber: Dokumen Pribadi
                Sesampai di air terjun anda akan merasakan dinginnya gemercik air yang jatuh, dari ketinggian. Disana anda bisa bermain air atau sekedar berendam merasakan air dari alam. Jangan lupa mengabadikan momen berharga di air tejun Sirah Kencong ini mengingat medan yang anda lalui sudah terbayar dengan keindahan Air Terjun Sirah Kencong, tapi jika anda masih bersemangat menelusuri area perkebunan ini anda bisa berkeliling lagi ketempat pemukiman warga. Bagi pecinta adventure, disediakan jalur offroad di sekitar perkebunan ini jalurnyapun  juga menantang.
Puas berkeliling, anda bisa beristirahat di rest area. Jika ingin membeli oleh-oleh anda bisa membeli produk olahan teh asli dari pabrik PTPN XII.



                                

Tidak ada komentar