My Instagram

SENSASI AIR DUA RASA PANTAI PANGI

            Jika mendengar nama Blitar, mungkin anda akan tertuju pada Makam Bung Karno atau Museum Istana Gebang. Tapi jangan salah, Blitar masih memiliki sejuta panorama yang tersebar diseluruh pelosok Blitar. Blitar juga merupakan daerah yang memiliki banyak pantai salah satunya adalah Pantai Pangi. Mungkin nama Pantai Pangi ini masih asing ditelinga, karena dari sekian banyak pantai yang dieksplor dan dijadikan tempat wisata di Blitar pantai ini masih belum terjamah.

             Panti Pangi tersembunyi di ujung barat Blitar ini tergolong masih sangat sepi dan sangat bersih. Terbukti dengan masih terjaganya ekosistem yang ada di sekitar Pantai Pangi . Pesona yang diberikan Pantai Pangi juga tak kalah meyejukkan mata karena kita akan disuguhkan  panorama Pantai Pangi yaitu, masih jernihnya air laut  yang terlihat kebiruan serta debur lirih ombak Pantai Pangi dan kebersihan yang masih alami karena tak ada campur tangan manusia sekecilpun. Selain itu untuk memasuki pantai ini sama sekali tidak dipungut retribusi seperti di pantai-pantai lainnya.



            Pantai Pangi ini juga terbilang unik,  karena terdapat muara disisi lain pantai.  Sehingga selain merasakan segarnya air laut juga bisa sekaligus membasuh diri dengan air tawar yang bersih berasal dari sungai yang airnya akan mengalir ke lautan. Jadi, kita bisa merasakan sensasi air dua rasa dalam satu tempat. Ciri khas yang tak dimiliki pantai lain ini membuktikan bahwa pesona Pantai Pangi memang tidak pernah habis dengan keunikan serta keindahannya.
            
             Pantai Pangi sangat cocok digunakan sebagai camping ground dimana kita bisa dengan mudah mendapatkan air bersih serta keasriannya masih terjaga. Tempat ini juga cocok untuk kegiatan bakti social yang biasa diselenggarakan para siswa di acara perkemahan. Selain itu juga cocok untuk kegiatan pecinta alam untuk berjelajah disekitar pantai pangi atau para petulang yang gemar memancing, jadi bisa bakar-bakar ikan di bibir pantai menikmati angin pantai. Apabila anda menginap atau mengadakan kegiatan apapun di pantai ini wajib membersihkan apa yang anda bawa supaya kebersihan dan keindahan patai ini tetap terjaga.
                   Pantai Pangi yang berada di Desa Tumpakkepuh, Kecamatan Bakung. Jaraknya sekitar 45km dari kota Blitar atau bisa ditempuh sekitar 90 menit perjalanan dengan kendaraan bermotor. Untuk menuju Pantai Pangi, anda bisa mengikuti arah ke Pantai Tambakrejo. Dari perempatan gawang anda ambil jalan lurus terus sampai ada papan menuju goa embultuk belok kanan dan ikuti terus jalanan hingga sampai perempatan kantor desa Tumpakkepuh. Dari perempatan tersebut, untuk menuju goa embultuk belok kanan, sedangkan untuk menuju pantai pangi disarankan oleh warga sekitar untuk tetap lurus karena jalan dari goa embultuk menuju pantai pangi dulu terputus sebab terkena banjir. Jika musim hujan kendaraan harus berhenti sebelum pantai dan kita harus berjalankurang lebih 300 meter ke pantai dengan melewati sungai yang ada. Sayangnya akses jalan yang dilewati tersebut masih kurang dari kata memadai karena kurangnya penerangan serta terjalnya jalan yang bisa mencelakakan para pengunjung. Untuk itu pemerintah Kab. Blitar hendaknya membangun sarana dan prasarana  yang mendukung untuk memajukan pariwisata Pantai Pangi, karena sangat rugi menyia-nyiakan keindahan surga kecil yang ada di Blitar ini.

Daftar Rujukan            :

Related Post : www.blitarkab.go.id


                   

2 komentar:

  1. wah berdampingan dengan muara jadinya dua rasa ya sob, keren nih...

    BalasHapus
    Balasan
    1. silahkan kunjungi Pantai Pangi di Kabupaten Blitar

      Hapus